Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 1 Kabupaten Tegal


Nur Hadiyati , 1402408049 (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 1 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 1 Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 1 Kabupaten Tegal)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil tes pratindakan dalam pembelajaran menulis deskripsi rata-rata siswa kelas IV belum memenuhi KKM SD Negeri Jatinegara 1 yakni 66. Peneliti menerapkan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis deskripsi siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Jatinegara I Kabupaten Tegal. Pengumpulan data siklus I, dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes esai. Teknik nontes berupa observasi, dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata tes pratindakan 63 termasuk dalm kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 71 termasuk dalam kategori baik.Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak dari pratindakan ke siklus I sebesar 8 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 76 mengalami peningkatan sebesar 5 poin. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan nilai aktivitas siswa. Nilai aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran menulis deskripsi siklus I sebesar 74,2 dan pada siklus IInilai aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran menulis deskripsi naik menjadi 88,5. Peningkatan juga terjadi pada nilai performansi guru. Nilai performansi guru pada siklus I adalah 77,9 dan pada siklus II nilai performansi guru naik menjadi 86,2. Simpulan dari peneliti adalah aktivitas dan hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Jatinegara 1 Kabupaten Tegal meningkat setelah menerapkan metode karya wisata dalam pembelajaran. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya memberikan variasi-variasi metode dalam pembelajaran menulis deskripsi diantaranya dengan menerapkan metode karya wisata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Menulis Deskripsi, dan Metode Karya Wisata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:08
Last Modified: 22 May 2014 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item