Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Peristiwa Alam pada Siswa Kelas V di SDN Debong Kidul Kota Tegal


Chusnul Nurroeni , 1402408047 (2012) Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Peristiwa Alam pada Siswa Kelas V di SDN Debong Kidul Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Peristiwa Alam pada Siswa Kelas V di SDN Debong Kidul Kota Tegal]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Peristiwa Alam pada Siswa Kelas V di SDN Debong Kidul Kota Tegal)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Cakupan materi mata pelajaran IPA sebagian berisi pengetahuan yang bersifat hafalan, sehingga sering kali siswa dituntut untuk mengingat materi yang banyak tanpa ada pemahaman dalam diri siswa. Selama pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode ceramah dengan tujuan agar semua materi tersampaikan dalam waktu yang singkat. Namun, metode tersebut membuat siswa merasa bosan, pasif, dan pembelajaran tidak bermakna. Model pembelajaran mind mapping dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran mind mapping (pemetaan pikiran) memungkinkan siswa untuk mengingat materi yang banyak dengan cara yang menyenangkan. Dengan model pembelajaran mind mapping siswa juga dituntut untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Debong Kidul tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 78 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 66,62 dan termasuk kriteria tinggi. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan kedua yaitu 75,54 dan termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikannya sebesar 0,383. Berarti nilai signifikansinya > 0,05, sehingga Ho diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa tetapi tidak ada perbedaan hasil belajar IPA pada materi Peristiwa Alam yang signifikan antara siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dan yang tidak. Saran yang peneliti ajukan bagi guru dan sekolah agar model pembelajaran mind mapping tetap dijadikan alternatif model pembelajaran di SD dengan syarat guru memahami model mind mapping dan siswa sudah menguasai cara pembuatan mind mapping. Bagi semua pihak yang berkompeten diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan memperhatikan kemungkinan-kemungkinan kesesatan yang muncul dalam penelitian ini. Dengan demikian, penelitian lanjutan ataupun penelitian baru tentang model pembelajaran mind mapping yang dilaksanakan dapat menunjukkan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:27
Last Modified: 22 May 2014 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item View Item