ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL WA (は) DAN GA (が) PADA KARANGAN MAHASISWA
Belinda Sari Purwoko Putri, 2302408055 (2013) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL WA (は) DAN GA (が) PADA KARANGAN MAHASISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL WA (は) DAN GA (が) PADA KARANGAN MAHASISWA)
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Menulis adalah salah satu aspek yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Jepang. Mata kuliah yang bersangkutan dengan menulis adalah sakubun atau mengarang. Kemampuan tata bahasa, perbendaharaan kosakata, kemampuan menuangkan ide dan pikiran agar maksut dapat tersampaikan juga harus diperhatikan. Selain itu faktor yang berpengaruh adalah pemahaman mengenai partikel. Partikel dalam bahasa Jepang disebut joshi.Banyaknya jumlah partikel dan tiap partikel memiliki fungsi lebih dari satu dapat memicu timbulnya kesalahan pada penulisan sakubun. Ada beberapa joshi yang memiliki kemiripan dalam penggunaannya, seperti partikel wa dan ga, ni dan de, dua pasang partikel tersebut memiliki kemiripan pada fungsi tertentu. Penulis meneliti penggunaan partikel wa dan ga, dimana kedua partikel ini dapat saling menggantikan. Secara sederhana wa adalah penunjuk topik dan ga adalah penunjuk subjek. Penggunaan partikel pada semester V sudah diajarkan lebih komplek. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti tentang analisis kesalahan penggunaan partikel wa dan ga pada karangan bahasa Jepang pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES semester V. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa karangan mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Objek data dalam penelitian ini adalah karangan mahasiswa semester V yang mengandung kesalahan penggunaan partikel wa dan ga. Hasil dari penelitian ini ditemukan 15 hasil karangan yang di dalamnya terdapat 23 kalimat yang mengandung kesalahan mengenai partikel wa dan ga. Kesalahan penggunaan partikel wa paling banyak terjadi pada fungsi menunjukkan topik. Terdapat 10 kalimat yang menunjukkan kesalahan penggunaan pada fungsi ini diantaranya 6 kalimat untuk menunjukkan topik pada awal kalimat dan 4 kalimat untuk yang terletak pada akhir kalimat dalam paragraf. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang sering dilakukan adalah pada fungsi menunjukkan topik. Faktor yang menyebabkan tersebut karena mahsiswa kurang memahami penggunaan partikel wa dan ga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Joshi, Kesalahan Penggunaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Users 22789 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 12:10 |
Last Modified: | 22 May 2014 12:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17719 |
Actions (login required)
View Item |