PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BACAAN BERBAHASA JAWA DENGAN STRATEGI DRTA DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS V SD N WONOREJO 01 KARANGANYAR DEMAK
Noor Aini Wulandari , 2102403007 (2007) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BACAAN BERBAHASA JAWA DENGAN STRATEGI DRTA DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS V SD N WONOREJO 01 KARANGANYAR DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BACAAN BERBAHASA JAWA DENGAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS V SD N WONOREJO 01 KARANGANYAR DEMAK)
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa siswa kelas V SD Wonorejo 1 Karanganyar Demak masih rendah. Siswa belum mampu membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Masalah penelitian ini yaitu (1) adakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity), (2) adakah perubahan perilaku siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak dalam kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan strategi DRTA dan (3) problematika apa yang dihadapi guru dalam penerapan strategi DRTA. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity), (2) mengetahui perubahan perilaku siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak dalam kemampuan membaca pemahaman, setelah menggunakan strategi DRTA, (3) mengetahui problematika yang dihadapi guru setelah menerapkan strategi DRTA. Subjek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi DRTA pada siswa kelas V SD Wonorejo 1 Karanganyar Demak. Variabel penelitian ini adalah variabel input-output yakni kemampuan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dan variabel proses yakni strategi DRTA. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes, jurnal, observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data berupa teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kemampuan membaca bacaan berbahasa Jawa dengan strategi DRTA. Dan teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis data perilaku siswa dan data kesulitan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman, dari kondisi awal ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tes diketahui terjadi peningkatan, yaitu skor rata-rata kelas 60,59 menjadi 75,29, skor rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 15,00 dengan ketuntasan 55,88%. Sementara pada siklus II skor rata-rata kelas menjadi 86,47, skor rata-rata tersebut mengalami viii peningkatan sebesar 11,18 dengan ketuntasan 17,65% dari siklus I. Jadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 27,18 dengan ketuntasan 73,53%. Hasil analisis jurnal, observasi, angket dan wawancara menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas V SD Wonorejo 1 Karanganyar Demak. Perilaku negatif siswa menjadi positif. Pada pembelajaran membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dengan strategi DRTA para siswa menjadi lebih aktif. Problematika yang dihadapi guru ada pada penyediaan gambar dan penanganan beberapa siswa yang kesulitan dalam memprediksi gambar. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu strategi DRTA dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, Strategi DRTA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 03:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |