PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011


Hikmah Is’ada Rahmawati , NIM 7250408090 (2012) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011]
Preview
PDF (PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen laba merupakan upaya manajemen dalam mengintervensi laporan keuangan. Manajemen laba muncul sebagai dampak masalah keagenan yang terjadi karena adanya ketidakselarasan kepentingan antara pemilik dan manajemen perusahaan. Untuk mengatasi masalah ketidakselarasan kepentingan tersebut dapat dilakukan melalui penerapan good corporate governance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance yang diukur dengan dewan komisaris independen, komite audit independen, dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 21 bank, dengan unit analisis sebanyak 63 unit. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis, dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dewan komisaris independen, komite audit independen, dan kepemilikan manajerial secara simultan berpengaruh terhadap manajemen laba. Dewan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba secara parsial. Komite audit independen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba secara parsial. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah mekanisme good corporate governance yang digunakan yaitu dewan komisaris independen, komite audit independen, dan kepemilikan manajerial secara simultan berpengaruh terhadap manajemen laba. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa dewan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan komite audit independen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu dewan komisaris independen telah mampu mengurangi manajemen laba, sehingga diharapkan tetap mempertahankan, komite audit diharapkan untuk meningkatkan pengawasan, dan kepemilikan manajerial juga diharapkan untuk ditingkatkan sehingga dapat membatasi tindak manajemen laba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit Independen, Kepemilikan Manajerial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:33
Last Modified: 22 May 2014 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

View Item View Item