PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KRATIF PRODUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG


SISWANTO , 1401409146 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KRATIF PRODUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KRATIF PRODUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KRATIF PRODUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di kelas IVB SDN Wonosari 03, ditemukan masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis karangan deskripsi yang belum optimal. Hal ini dikarenakan kurang adannya optimalisasi penggunaan strategi dan media pembelajaran yang efektif dari guru sehingga berakibat pada rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi, keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan nilai semester satu (2012/2013), hanya 18 dari 41 siswa yang mencapai KKM (sebanyak 43,90 % siswa mengalami ketuntasan). Maka perlu adanya suatu perbaikan pembelajaran yaitu melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang karangan deskripsi kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran kreatifproduktif dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang karangan deskripsi kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 41 siswa kelas IV B SDN Wonosari 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes berupa observasi, dokumentasi, dan produk. Teknik analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis siswa pada siklus 1 memperoleh rata-rata nilai 67,25 , siklus 2 memperoleh rata-rata nilai 83,54. Keaktifan siswa pada siklus 1 memperoleh rata skor 2,84 kriteria baik, siklus 2 memperoleh rata skor 3,25 dengan kriteria baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase 68,5%, siklus 2 memperoleh persentase 96,25%. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangan Deskripsi, Kreatif-Produktif, Media gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:38
Last Modified: 22 May 2014 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item