MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS IV SD NEGERI 1 TEGOREJO PEGANDON KENDAL
RUDY SUPRIYANTO, 1401910035 (2013) MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS IV SD NEGERI 1 TEGOREJO PEGANDON KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS IV SD NEGERI 1 TEGOREJO PEGANDON KENDAL)
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika kelas IV SDN 1 Tegorejo menunjukkan pemahaman matematika masih rendah dikarenakan siswa kurang aktif, siswa cenderung individual dalam tugas dan minimnya fasilitas pembelajaran matematika seperti media dan sumber belajar, serta penggunaan sarana multimedia seperti komputer/laptop maupun LCD proyektor. Model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan Macromedia Flash merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan Macromedia Flashdalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan ketrampilan guru di kelas IV SD Negeri 1 Tegorejo kendal? 2) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan Macromedia Flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas IV SD Negeri 1 Tegorejo kendal? 3) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan Macromedia Flashdalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahamansiswa di kelas IV SD Negeri 1 Tegorejo kendal? Tujuan penelitian untuk meningkatkan ketrampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV SD Negeri 1 Tegorejo Kendal Think Pair and Share (TPS) dengan Macromedia Flash. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketrampilan guru siklus I pertemuan 1 dan 2 dengan skor 23 dan 26 dengan kategori baik. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 dengan skor 32 dan 34 dengan kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 skor 460 rata – rata 9,79 dan pertemuan 2 skor 482 rata – rata 10,26 kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 1 skor 716 rata – rata 15,23 kategori baik dan pertemuan 2 skor 878 rata – rata skor 18,68 dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siklus I pertemuan 1 sebanyak 47% atau 22 siswa tuntas belajar, 53% atau 25 siswa belum tuntas belajar. Pertemuan 2 yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 62% atau 29 siswa, sedangkan 38% atau 18 siswa belum tuntas belajar. Siklus II pertemuan 1 sebanyak 85% atau 40 siswa tuntas belajar, 15% atau 7 siswa belum tuntas belajar. Pertemuan 2 yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak sebanyak 89% atau 42 siswa, 11% atau 5 siswa belum tuntas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Think Pair and Share (TPS) dengan Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Tegorejo Pegandon Kendal. Sebaiknya dalam pembelajaran matematika menggunakan model TPS dengan macromedia flash agar siswa lebih aktif. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dan keterampilan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Matematika, Think Pair and Share (TPS), Macromedia Flash. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 22 May 2014 12:42 |
Last Modified: | 22 May 2014 12:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17669 |
Actions (login required)
View Item |