PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE DENGANFINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Sebagai Peserta CGPI Tahun 2009-2011)


Umi Musdalifah, 7211409087 (2013) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE DENGANFINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Sebagai Peserta CGPI Tahun 2009-2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE DENGANFINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Sebagai Peserta CGPI Tahun 2009-2011)]
Preview
PDF (PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE DENGANFINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Sebagai Peserta CGPI Tahun 2009-2011))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tidak langsung corporate governance terhadap luas voluntary disclosure melalui financial distress, pengaruh langsung corporate governance terhadap luas voluntary disclosure, pengaruh langsung corporate governance terhadap financial distress, dan pengaruh langsung financial distress terhadap luas voluntary disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam corporate governance perception index (CGPI) secara terus menerus dari tahun 2009-2011. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan sebagai sampel penelitian. Periode pengamatan adalah 3 tahun dari tahun 2009-2011 sehingga unit analisis 51 laporan keuangan perusahaan yang terdaftar dalam corporate governance perception index (CGPI). Variabel penelitian terdiri dari corporate governance, financial distress dan luas voluntary disclosure. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan tehnik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung corporate governance terhadap luas voluntary disclosure melalui financial distress sebesar 11,82%, pengaruh langsung corporate governance terhadap luas voluntary disclosure berpengaruh signifikan positif sebesar 37%, pengaruh langsung corporate governance terhadap financial distress berpengaruh signifikan positif sebesar 37,4% dan pengaruh langsung financial distress terhadap luas voluntary disclosure berpengaruh signifikan positif sebesar 31,6%. Saran yang dapat diajukan adalah bagi manajemen sebaiknya meningkatkan corporate governance yang baik dengan memperluas pengungkapan informasi secara sukarela pada laporan keuangan perusahaan, agar tidak terjadi permasalahan keuangan (financial distress).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Luas Voluntary Disclosure, Corporate Governance dan Financial Distress.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 13:16
Last Modified: 22 May 2014 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17637

Actions (login required)

View Item View Item