PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah)


Yoga Dutadasanovan , 7211409053 (2013) PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah)]
Preview
PDF (PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas audit merupakan suatu penilaian tentang proses dalam melakukan tugas audit yang dilakukan oleh seorang auditor sehingga menghasilkan suatu laporan audit yang dinilai berdasarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh time budget pressure terhadap kualitas audit dengan independensi sebagai variabel intervening, pengaruh time budget pressure terhadap kualitas audit, pengaruh independensi terhadap kualitas audit, dan pengaruh time budget pressure terhadap independensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 128 auditor. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 47 auditor. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis) dengan α 0,05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah time budget pressure dan independensi. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil kualitas audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel time budget pressure dan independensi secara parsial berpengaruh terhadap kualitas audit. Independensi dapat menjadi variabel intervening untuk pengaruh tidak langsung time budget pressure terhadap kualitas audit. Nilai R square menunjukkan bahwa time budget pressure dan independensi mampu menjelaskan kualitas adit sebesar 55,6% dan sisanya yang 44,4% dijelaskan oleh variasi lain di luar model. Nilai R square menunjukkan bahwa time budget pressure hanya mampu menjelaskan independensi sebesar 18,7% dan sisanya yang 81,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Saran bagi penelitian selanjutnya agar dapat menambah variabel lain seperti intervensi manajemen auditee dan kompetensi, serta disarankan untuk memperluas sampel penelitian dengan menambah obyek penelitian, seperti BPK RI Perwakilan Provinsi DI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Audit, Time Budget Pressure, Independensi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 13:16
Last Modified: 22 May 2014 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item