PENGARUH DEPOSITO MUDHARABAH, SPREAD BAGI HASIL, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL (Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012)


Nugroho Heri Pramono , 7211409036 (2013) PENGARUH DEPOSITO MUDHARABAH, SPREAD BAGI HASIL, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL (Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DEPOSITO MUDHARABAH, SPREAD BAGI HASIL, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL (Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012)]
Preview
PDF (PENGARUH DEPOSITO MUDHARABAH, SPREAD BAGI HASIL, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL (Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012))
Download (730kB) | Preview

Abstract

Undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah mendorong pesatnya pertumbuhan aset bank syariah. Tingginya aset tersebut tidak terlepas dari tingginya dana pihak ketiga pada sisi pasiva dan pertumbuhan pembiayaan pada sisi aktiva. Namun demikian, pesatnya pertumbuhan bank syariah di Indonesia, pembiayaannya masih didominasi oleh pembiayaan murabahah (jual-beli). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhdeposito mudharabah, spread bagi hasil, dan tingkat bagi hasil terhadap jumlah pembiayaan berbasis bagi hasil bank syariahbaik secara parsialmaupunsimultan. Populasi dalam penelitian ini adalahbank syariah di Indonesia yang terdiri dari 11 bank. Sedangkan sampelnya terdiri dari 5 bank syariah. Kriteria penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Unit analisis yang digunakan adalah laporan keuangan publikasi triwulanan bank syariah tahun 2010-2012.Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dan asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis dengan alat uji SPSS 16.0. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t (parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi. Secara simultan variabel deposito mudharabah, spread bagi hasil, dan tingkat bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan berbasis bagi hasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel deposito mudharabah dan spread bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap jumlah pembiayaan berbasis bagi hasil. Sedangkan tingkat bagi hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah pembiayaan berbasis bagi hasil. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah bank syariah hendaknya lebih memperhatikan lagi dalam menyusun strategi untuk mengimpun dana khususnya dana yang berasal dari deposito mudharabah. Selain itu bank syariah juga harus memperhatikan spread bagi hasil dan tingkat bagi hasil. Dengan demikian bank syariah dapat lebih leluasa dalam menyalurkan pembiayaan berbasis bagi hasil kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil, Deposito Mudharabah, Spread Bagi Hasil, Tingkat Bagi Hasil
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:32
Last Modified: 22 May 2014 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17624

Actions (login required)

View Item View Item