EFEKTIVITAS MEDIA SOFTWARE EXCEL DALAM MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KERTAS KERJA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Rezkian Anggri Arrasyid, 7101409090 (2013) EFEKTIVITAS MEDIA SOFTWARE EXCEL DALAM MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KERTAS KERJA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA SOFTWARE EXCEL DALAM MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KERTAS KERJA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA SOFTWARE EXCEL DALAM MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KERTAS KERJA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses KBM harapanya siswa berperan aktif, memahami materi yang diajarkan dan saat evaluasi siswa memperoleh hasil belajar di atas nilai KKM. Data nilai siswa kelas XI IPS materi kertas kerja menunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan software excel menjadi salah alternatif yang diharapkan efektif meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian 1) penggunaan media software excel dalam model pembelajaran Contextual dapat meningkatkan hasil belajar. 2) tanpa media software excel dalam model pembelajaran Contextual dapat meningkatkan hasil belajar. 3) media software excel dalam model pembelajaran Contextual lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 91 siswa, yang terdiri dari 3 kelas. kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-test, uji H2 menggunakan paired sample t-test dan uji H3 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada peningkatan hasil belajar dengan menggunaan media software Excel dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan rata-rata nilai pre-test 58,87 dan post-test 81,07. 2), peningkatan hasil belajar tanpa menggunakan media software Excel dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan rata-rata nilai pretest 58,76 dan post-test 76,41. 3) dan penggunaan media software Excel dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terbukti lebih efektif dengan selisih nilai rata-rata pre-post test kelas eksperimen 22,20 dan kelas kontrol 17,66. Baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai, namun berdasarkan KKM secara individu maupun secara klasikal kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik. Simpulan peneliti bahwa penerapan media software Excel dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan agar guru menerapkan model Contextual Teaching and Learning berbantuan Media software Excel karena terbukti efektif meningkatkan hasil belajar akuntansi. Penggunaannya memerlukan persiapan waktu yang matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran (Contextual Teaching and Learning), Media Software Excel (Software Excel), Kertas Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:37
Last Modified: 22 May 2014 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item View Item