PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2012/2013 (CARA BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
Septian Sabar Maryanto, 7101409045 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2012/2013 (CARA BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2012/2013 (CARA BELAJ)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar dipengaruhi faktor intern (cara belajar) dan ekstern (persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi professional guru, dan fasilitas belajar). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi professional guru dan fasilitas belajar terhadap cara belajar, mengetahui adanya pengaruh langsung cara belajar terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi professional guru, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi/akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ambarawa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2012/2013 sejumlah 116 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu endogen meliputi hasil belajar (Y) dan eksogen meliputi persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru (X1), persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru (X2), fasilitas belajar (X3), dan variabel intervening yaitu cara belajar. Metode pengumpulan data: dokumentasi, dan angket. Uji Asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers. Metode analisis data: analisis deskriptif presentase, analisis konfirmatori, dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menggunakan analisis SEM menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi professional guru dan fasilitas belajar terhadap cara belajar yaitu (PD→CB) sebesar 29,5%, (PR→CB) sebesar 28,8%, (FB→CB) sebesar 21,2%. Ada pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar (CB→HB) sebesar 25,2%. Ada pengaruh langsung dan tidak langsung persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogic guru, kompetensi professional dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar yaitu (PD→CB→HB) sebesar 30,9%, (PR→CB→HB) sebesar 33,9%, (FB→CB→HB) sebesar 25,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogic guru, kompetensi professional guru, fasilitas belajar berpengaruh terhadap cara belajar. Persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogic guru, kompetensi professional guru, fasilitas belajar dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu disaran bagi guru hendaknya dalam proses pembelajaran menerapkan pembelajaran yang dialogis. Bagi sekolah sebaiknya lebih melengkapi fasilitas belajar di sekolah. Bagi siswa sebaiknya memperbaiki cara belajar terutama untuk membiasakan diri mengulang bahan pelajaran yang sudah disampaikan guru sehingga hasil belajarnya lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Komepetensi Profesional, Fasilitas Belajar, Cara Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22792 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 15:52 |
Last Modified: | 22 May 2014 15:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17582 |
Actions (login required)
View Item |