PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATA DIKLAT STENOGRAFI KELAS XI BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NURUL ULUM LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL


Mohamad Wahyu Ismail, 7101409027 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATA DIKLAT STENOGRAFI KELAS XI BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NURUL ULUM LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATA DIKLAT STENOGRAFI KELAS XI BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NURUL ULUM LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATA DIKLAT STENOGRAFI KELAS XI BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NURUL ULUM LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL)
Download (33MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran Stenografi pada kompetensi dasar membuat catatan dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen adalah melatih siswa agar dapat menguasai dasar keterampilan menghasilkan naskah dengan cepat. Berdasarkan hasil observasi di SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal diketahui bahwa nilai siswa untuk kompetensi dasar membuat catatan dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen belum memuaskan. Hasil belajar siswa kelas XI AP SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal masih rendah dengan hasil belajar sebanyak 74,29% (26 siswa) dalam kriteria belum tuntas dan 25,71% (9 siswa) masuk kriteria tuntas di atas KKM yaitu 70. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode ceramah bervariasi dan model pembelajaran berkelompok tipe NHT. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 35 siswa. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa presentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar secara keseluruhan sebesar 60% (21 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% (28 siswa). Dari hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode ceramah bervariasi dan model pembelajaran berkelompok tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan klasikal lebih baik pada siswa kelas XI AP SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : Bagi guru stenografi disarankan menggunakan metode ceramah bervariasi dengan model pembelajaran berkelompok tipe NHT sebagai metode alternatif pembelajaran stenografi. Bagi siswa, perlu konsentrasi, pikiran yang fokus dan tidak mudah menyerah dalam berlatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Stenografi, Ceramah Bervariasi, NHT (Numbered Head Together)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:00
Last Modified: 22 May 2014 16:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item