PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN PELAYANAN KREDIT TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KOPEKOMA KOTA MAGELANG


Maria Erra Setianingrum, 7101409244 (2013) PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN PELAYANAN KREDIT TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KOPEKOMA KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN PELAYANAN KREDIT TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KOPEKOMA KOTA MAGELANG]
Preview
PDF (PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN PELAYANAN KREDIT TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KOPEKOMA KOTA MAGELANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan usaha Koperasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pertisipasi anggota dan pelayanan kredit. Hasil observasi awal di KPRI Kopekoma, menunjukkan bahwa tingkat partisipasi anggota dalam RAT masih rendah, partisipasi anggota dalam menggunakan jasa unit pertokoan mengalami penurunan, jumlah SHU dari tahun per tahun mengalami fluktuasi, masih adanya kredit macet, dan pelayanan dalam unit usaha simpan pinjam masih lambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh partisipasi anggota dan pelayanan kredit terhadap keberhasilan usaha KPRI Kopekoma Kota Magelang, (2) Seberapa besar pengaruh partisipasi anggota dan pelayanan kredit terhadap keberhasilan usaha KPRI Kopekoma Kota Magelang baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KPRI Kopekoma berjumlah 1395 anggota. Pengambilan sampel menggunakan metode secara acak random sampling berjumlah 93 anggota. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif presentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh analisis deskriptif rata-rata partisipasi anggota dalam kriteria rendah sebesar 55,99%, pelayanan kredit dalam kriteria baik sebesar 69,32%, dan keberhasilan usaha dalam kriteria baik sebesar 63,33%. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh partisipasi anggota dan pelayanan kredit secara simultan terhadap keberhasilan usaha sebesar 45,8% dan sisanya yaitu sebesar 44,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial partisipasi anggota berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan kontribusi sebesar 17,2%. Pelayanan kredit berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan kontribusi sebesar 26,4%. Untuk meningkatkan keberhasilan usaha, anggota perlu turut andil dalam setiap kegiatan yang diadakan KPRI Kopekoma terutama berkaitan dengan kehadiran dalam rapat-rapat, permodalan dan pemanfaatan jasa yang diadakan koperasi. Dalam pelayanan kredit perlu ditingkatkan lagi pelayanannya, sehingga anggota semakin puas oleh pelayanan kredit yang diberikan oleh koperasi. Untuk mempertahankan keberhasilan usaha koperasi yang sudah baik seharusnya terus dipupuk dengan mengajak anggotanya agar mereka benar-benar merasakan untuk mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan usaha koperasi dengan membina anggotanya untuk terus berpartisipasi aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggota, Pelayanan Kredit, Keberhasilan Usaha Koperasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:07
Last Modified: 22 May 2014 16:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17542

Actions (login required)

View Item View Item