PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH
Monika Pratiwi, 7101409237 (2013) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH)
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai kegiatan yang bersifat jasa. Suatu layanan dikatakan berhasil apabila perpustakaan tersebut mempunyai banyak pengunjung dan pemakai yang memanfaatkan fasilitas dan sumber-sumber yang disediakan serta tergantung pada unsur pelaksana yang melaksanakan kegiatan layanan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik incidental sampling dan didapatkan responden dengan jumlah 116 pengunjung. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kompetensi pegawai (X1), fasilitas perpustakaan (X2), dan kualitas Pelayanan (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan menggunakan SPSS diperoleh Y = 6,073 + 0,441X1 + 0,631X2. Hasil uji parsial diperoleh thitung 6,411 dan thitung = 7,459 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh dari masing-masing variabel yaitu kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 77,759 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Kesimpulan bahwa secara parsial maupun simultan kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Saran bagi penelitian ini adalah bagi pegawai perpustakaan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang perpustakaan dalam mewujudkan kualitas pelayanan dan diharapkan dapat lebih memperhatikan kebutuhan pengunjung melalui empati atau memberikan bantuan terhadap pemakai perpustakaan. Pihak perpustakaan diharapkan memperhatikan koleksi buku karena sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan informasi saat ini karena koleksi yang tersedia merupakan terbitan lama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pegawai, Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22782 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 16:05 |
Last Modified: | 22 May 2014 16:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17540 |
Actions (login required)
View Item |