KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN JAWABAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TUNON2 KOTA TEGAL
Beny Asyhar, 1401409036 (2013) KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN JAWABAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TUNON2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN JAWABAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TUNON2 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Dalam pembelajaran IPA, guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu metode bermain jawaban,dapat dijadikan metode alternatif dalam pembelajaran IPA.Metode bermain jawabanakan mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai pemahaman dan hasil belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan metode bermain jawaban terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA antara kelas yang mendapatkan perlakuan metode bermain jawaban dengan kelas yang tanpa menggunakan metode bermain jawaban pada materi Pembentukan Tanah di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa SD Negeri Tunon 2 Kota Tegal tahun ajaran 2012/2013, yaitu siswa kelas VB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol atau kelas pembanding. Sementara itu sampel penelitian yang diambil menggunakan sampling jenuh, yakni seluruh populasi dalam penelitian dijadikan sampel. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20.Kriteria yang digunakan untuk pengambilan keputusan adalah Ho diterima jika nilai signifikansi Asymp. Sig. >0,05 atau Ho ditolak jika nilai signifikansi Asymp. Sig. < 0,05. Nilai signifikansi Asymp. Sig. data aktivitas belajar sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas belajar IPA antara siswa kelas V pada materi Pembentukan Tanah yang menggunakan metode Bermain Jawaban dan kelas yang tidak. Sementara data hasil belajar dihitung dengan menggunakan rumus Independent sampel t test melalui program SPSS versi 20. Hasil penghitungan analisis statistik uji t, diperoleh hasil thitung> ttabel atau signifikansi < 0,05, yaitu nilai thitung = 2,788 dan ttabel = 2,009, maka 2,778 >2,009. Nilai signifikansi yang diperoleh 0,008 atau < 0,05. Berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk pengujian hipotesis yang telah dipaparkan di atas, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa kelas V pada materi Pembentukan Tanahyang menggunakan metode Bermain Jawaban dan kelas yang tidak. Dari hasil penelitian, diharapkan metode Bermain Jawaban dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA di sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Guru dapat melakukan variasi dalam metode Bermain Jawaban sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Jawaban, Materi Pembentukan Tanah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 16:08 |
Last Modified: | 22 May 2014 16:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17528 |
Actions (login required)
View Item |