Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005


Tina Mulyanti, 6450401080 (2005) Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005] PDF (Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005) - Published Version
Download (432kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005, adakah hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005 Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005, untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005. Hipotesis yang ingin diuji kebenarannya yaitu, ada hubungan antara status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005, ada hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005. Metode penelitian yang digunakan dengan populasi seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6 sejumlah 122 siswa. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, sampel yang diambil adalah kelas 3 sampai kelas 6 dengan rangking 1 sampai 10 sejumlah 40 siswa. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan data status gizi melalui pengukuran antoprometri yaitu BB/U dan BB/TB, pengambilan data motivasi melalui pengisian kuesioner, pengambilan data hasil belajar melalui nilai hasil semester 1. Teknik analisis data untuk dua variabel yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat masing-masing digunakan chi square. Berdasarkan analisis chi square untuk hubungan status gizi dengan hasil belajar menghasilkan chi square hitung = 305,806 dan chi square tabel 305,041 sehingga chi square hitung > chi square tabel. Analisis chi square untuk hubungan motivasi dengan hasil belajar diperoleh chi square hitung = 98,889 dan chi square tabel = 75,624. Disimpulkan bahwa ada hubungan yang berarti antara status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005 dan ada hubungan yang berarti antara motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya semua orang tua untuk memperhatikan kansumsi makan anak, karena kebutuhan gizi yang cukup dan terpenuhi dapat menunjang hasil belajarnya. Diharapkan pula kerjasama guru dengan orang tua terhadap pemberian bimbingan, pengarahan, dan motivasi siswa untuk mendukung hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2011 00:35
Last Modified: 25 Apr 2015 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item