PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 SEMARANG
FITRI LINAWATI, NIM 1401409141 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MODEL CIRC PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Linawati, Fitri. 2013. Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Model CIRC pada Siswa Kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Dra. Sri Susilaningsih, S.Pd, M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Dr. Ali Sunarso, M.Pd. 264 halaman. Bahasa Indonesia memiliki peranan penting bagi bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu, seseorang perlu menguasai keempat keterampilan berbahasa Indonesia yaitu: (1) mendengarkan; (2) berbicara, (3) membaca, dan (4) menulis dengan baik. Namun pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang masih kurang maksimal. Berdasarkan data awal yang diperoleh selama PPL di kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang dan refleksi awal dengan kolaborator (guru kelas V), ditemukan beberapa permasalahan, yaitu siswa masih kesulitan dalam memahami isi bacaan, kurangnya variasi model pembelajaran dan kurang memunculkan permasalahan faktual dalam pembelajaran. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang pada aspek keterampilan membaca. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 yang berjumlah 29 siswa. terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitataif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan menggunakan instrumen berupa lembar soal dan teknik non tes berupa lembar observasi, lembar wawancara dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran membaca intensif dengan model CIRC mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 27, siklus II 30 dan siklus III menjadi 37. Aktivitas siswa pada siklus I, mendapat skor rata-rata 9,08, siklus II 14,66 dan siklus III menjadi 18,8. Ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I 51,72%, siklus II 65,52% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,21%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa berupa keterampilan membaca intensif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca intensif, model pembelajaran CIRC |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:40 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17470 |
Actions (login required)
View Item |