KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA BATIK POCKETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI JENIS MOTIF BATIK DAERAH SETEMPAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL


Dewi Erniati, 1401409023 (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA BATIK POCKETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI JENIS MOTIF BATIK DAERAH SETEMPAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA BATIK POCKETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI JENIS MOTIF BATIK DAERAH SETEMPAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA BATIK POCKETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI JENIS MOTIF BATIK DAERAH SETEMPAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa materi Jenis Motif Batik Daerah Setempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean Kabupaten Tegal, salah satu faktornya adalah kurangnya pemanfaatan dan penerapan media pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan media yang dapat mencakup materi Jenis Motif Batik Daerah Setempat. Media Batik Pockets dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran SBK kelas V materi Jenis Motif Batik Daerah Setempat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi jenis motif batik daerah setempat antara yang menggunakan media Batik Pockets dengan yang tidak menggunakan media Batik Pockets. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan penerapan media Batik Pockets terhadap hasil belajar siswa kelas V materi Jenis Motif Batik Daerah Setempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean Kabupaten Tegal. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Negeri Pecabean Kabupaten Tegal tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 55 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu pengambilan sampel dari keseluruhan populasi. Data awal penelitian berupa nilai pretest kedua kelompok. Rata-rata nilai hasil pretes di kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 45,58 dan 45,35. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil postes di kelas eksperimen yaitu sebesar 79,62, sedangkan kelas kontrol sebesar 69,14. Uji normalitas terhadap nilai postes dilakukan menggunakan uji liliefors pada program SPSS 17. Berdasarkan uji normalitas, diperoleh data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS 17. Diketahui bahwa Significance Levene's Test for Equality of Variances = 0.252 > α = 0,05 sehingga disimpulkan bahwa data tersebut homogen. Uji hipotesis menggunakan T-Test (Uji t). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa besar t hitung 2,994 dan 3,032, pada taraf signifikansi 0,004<0,05. Berdasarkan ketentuan pengambilan keputusan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05% maka untuk df sebesar 53 nilai t tabelnya adalah 2,005, dapat dilihat bahwa 2,994 dan 3,032)> (2,0057) sehingga disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan rerata hasil belajar siswa materi Jenis Motif Batik Daerah Setempat antara yang menggunakan media Batik Pockets dengan yang tidak menggunakan media Batik Pockets.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Batik Pockets, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:44
Last Modified: 10 Oct 2013 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item View Item