PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA JAWA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 SEMARANG


Lidwina Ratih Nurmiyanti, 1401409176 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA JAWA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA JAWA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA JAWA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Jawa memiliki peranan penting dalam peningkatan mutu pendidikan di Jawa Tengah, khususnya penanaman nilai luhur dan penguasaan bahasa Jawa. Oleh karena itu, seseorang harus menguasai keempat keterampilan dalam bahasa Jawa, yaitu: (1) mendengarkan; (2) berbicara; (3) membaca; dan (4) menulis dengan baik. Namun pembelajaran bahasa Jawa di kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang masih kurang maksimal. Berdasarkan observasi awal di kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa tentang menulis karangan narasi. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam menentukan gagasan, serta kurangnya optimalisasi penggunaan strategi pembelajaran yang efektif dari guru. Hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 57,6%. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis narasi bahasa Jawa siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis narasi bahasa Jawa siswa Kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa lembar soal dan teknik non tes berupa lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 20 kategori cukup, siklus II skor 26 kategori baik, dan siklus III skor 32 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 14,44 kategori cukup, siklus II skor 16,75 kategori baik, dan siklus III skor 19,56 kategori baik. (3) ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus I 62,5%, siklus II 71,88%, dan meningkat pada siklus III menjadi 84,38%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar berupa keterampilan menulis narasi bahasa Jawa siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi, metode Mind Mapping
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:52
Last Modified: 10 Oct 2013 09:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item