PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG
Dameis Surya Anggara, 1401409169 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPS bertujuan agar siswa memahami teori sosial, memiliki ketrampilan dan kepedulian sosial. Tetapi IPS diartikan sebagai proses perolehan pengetahuan sehingga didominasi hafalan. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN Kalibanteng Kidul 02 yaitu siswa hanya menghafal pengetahuan, dan kurang berinteraksi untuk memecahkan permasalahan. Data awal hasil belajar siswa sebanyak 55,56 % belum tuntas dan 44,44 % sudah tuntas dengan kriteria ketuntasan adalah 60. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui penerapan model think pair share dengan media CD pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan ketrampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, dengan satu kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penilaian Acuan Patokan. Data kualitatif berupa hasil observasi ketrampilan guru dan aktivitas siswa, hasil catatan lapangan dan wawancara yang dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, ketrampilan guru siklus 1 memperoleh skor 30 berkategori baik, siklus 2 memperoleh skor 34 berkategori sangat baik, dan siklus 3 memperoleh skor 37 berkategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus 1 memperoleh skor 19,47 berkategori baik, siklus 2 memperoleh skor 21,89 berkategori baik, dan siklus 3 memperoleh skor 24,03 berkategori sangat baik, Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,67 %, siklus 2 sebesar 77,78 %, dan siklus 3 sebesar 86,11 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model think pair share dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yaitu meningkatnya ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Agar tujuan tercapai maksimal hendaknya guru dalam pembelajaran IPS menggunakan metode inovasi seperti model think pair share dengan media CD pembelajaran. Siswa hendaknya mengikuti pembelajaran menggunakan model think pair share dengan media CD pembelajaran dengan baik. Bagi para peneliti disarankan untuk mengadakan penelitian yang sejenis yang melibatkan variabel lain. Bagi sekolah hendaknya menyediakan alat-alat penunjang pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, model think pair share, media CD pembelajaran. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 10 Oct 2013 09:53 |
Last Modified: | 10 Oct 2013 09:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17424 |
Actions (login required)
View Item |