PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VC SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG
ZIYAD FATHUR ROHMAN, 1401409164 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VC SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VC SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengarahkan siswa agar mampu mengenal konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan. Hasil observasi di kelas VC SDN Kalibanteng Kidul 01 menunjukan guru masih mendominasi menjelaskan materi IPS, kurangnya penggunaan media, aktivitasnya hanya mendengarkan di tempat duduk, siswa merasa jenuh dan beralih untuk bermain, hasil belajar dari 20 siswa belum mencapai KKM yaitu 70. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament dengan media CD Interaktif. Rumusan masalah dari penelitian adalah apakah melalui model Teams Games Tournament dengan media CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Teams Games Tournament dengan media CD Interaktif. Rancangan penelitian adalah pelaksanaan tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 39 siswa kelas VC SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang yaitu sebanyak 22 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non tes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Teams Games Tournament dengan media CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 (kategori baik), siklus II memperoleh skor 26 (kategori baik), dan siklus III memperoleh skor 29 (kategori sangat baik). Jumlah skor rata-rata aktivitas siswa siklus I mendapatkan 13,59 (kategori baik), siklus II mendapatkan 15,26 (kategori baik), dan siklus III mendapatkan17,43 (kategori sangat baik). Ketuntasan klasikal siswa siklus I sebesar 69,23%, Siklus II sebesar 76,92%, dan siklus III sebesar 82,05%. Simpulan dari penelitian yaitu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VC SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Saran yang disampaikan adalah sebaiknya guru menerapkan model inovatif seperti model teams games tournament dengan media CD Interaktif sehingga dapat menumbuhkan tanggung jawab siswa, dan sekolah perlu menyediakan fasilitas untuk pengembangan pendidikan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran IPS, model Teams Games Tournament, media CD Interaktif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 10 Oct 2013 09:54 |
Last Modified: | 10 Oct 2013 09:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17423 |
Actions (login required)
View Item |