PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR PADA SISWA KELAS IVD SDN NGALIYAN 01 SEMARANG
DEWINTA ASMOROWATI, 1401409070 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR PADA SISWA KELAS IVD SDN NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR PADA SISWA KELAS IVD SDN NGALIYAN 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian karangan siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang sebanyak 59% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berupaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui model Mind Mapping berbantuan gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang? (2) Bagaimanakah keterampilan guru dalam pembelajaran menulis karangan narasi melalui Mind Mapping berbantuan gambar? (3) Apakah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang? Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas siswa, mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran, serta meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui Mind Mapping berbantuan gambar pada siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Ngaliyan 01 Semarang. Subjek penelitian ini siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang yang berjumlah37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model Mind Mapping berbantuan gambar ini aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang meningkat dengan signifikan pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 2,81 dan meningkat pada siklus II sebesar 3,37. Untuk pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru rata-rata siklus I adalah 3,2 dan meningkat 3,6 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil evaluasi karangan narasi, ketuntasan belajar siswa mencapai 74,3% dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 89,1%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% telah terpenuhi dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan penelitian, saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan sebaiknya model Mind Mapping berbantuan gambar dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran, khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis karangan narasi sehingga dapat merangsang dan melatih siswa untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam bahasa tulis serta dapat melatih siswa supaya lebih terampil dalam menulis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Karangan narasi, Mind Mapping, gambar, SD |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:53 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17401 |
Actions (login required)
View Item |