PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG


SITI MAGHFIROH , 1401409038 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG)
Download (12MB) | Preview

Abstract

PKn adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Hasil observasi awal ditemukan masalah yaitu pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Wonosari 03 kurang optimal diantaranya kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif serta kurangnya penggunaan media dan alat peraga menyebabkan hasil belajar siswa rendah, sehingga perlu adanya perbaikan melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CD pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CD pembelajaran pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Wonosari 03. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 28,5 dengan kategori baik, sedangkan siklus II memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 25,75 dengan kategori baik, sedangkan siklus II memperoleh skor rata-rata 29,1 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I adalah 60,97%, dan siklus II memperoleh 82,92%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang terdiri dari keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Saran yang disampaikan yaitu guru diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, siswa dapat berpartisipasi lebih aktif melalui strategi pembelajaran inovatif, kepala sekolah diharapkan memberikan bimbingan kepada guru dalam penerapan strategi pembelajaran yang inova

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif, Media CD Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 18:03
Last Modified: 22 May 2014 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item