PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENCETAK TIMBUL MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PENGGARUTAN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Hidayatunisa, 1401409114 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENCETAK TIMBUL MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PENGGARUTAN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENCETAK TIMBUL MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PENGGARUTAN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENCETAK TIMBUL MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PENGGARUTAN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode dan media pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kurang optimal sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru dalam menyampaikan materi dominan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Perolehan nilai pada pembelajaran mencetak timbul pada siswa Kelas II SD Negeri Penggarutan 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas II serta performansi guru pada materi mencetak timbul melalui penggunaan media pembelajaran bahan alam di SD Negeri Penggarutan 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Penggarutan 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Siswa kelas II SD Negeri Penggarutan 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes berjumlah 17 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 10 Perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator hasil belajar yaitu rata-rata kelas minimal 70, persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%. Sedangkan indikator aktivitas siswa yaitu rata-rata keaktifan minimal 70 dengan kriteria keaktifan tinggi dan indikator performansi guru yaitu minimal 71 dengan kriteria baik. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar mencetak timbul menggunakan media bahan alam mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60,54% dan siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 84,31%. Rata-rata hasil belajar mencetak timbul pada siklus I sebesar 68,64 dan siklus II sebesar 77,99. Aktivitas siswa dalam pembelajaran mencetak timbul melalui media bahan alam mengalami peningkatan. Siklus I rata-rata aktivitas siswa 78,35 dan siklus II menjadi 88,39. Performansi guru pada pembelajaran mencetak timbul menggunakan media bahan alam mengalami peningkatan. Siklus I nilai performansi guru sebesar 87,55 dan berkategori A (baik sekali) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,5 dan berkategori A (baik sekali). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan alam sebagai media pembelajran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Bahan Alam, Mencetak Timbul
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:20
Last Modified: 07 Oct 2013 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item View Item