PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN KARANGAYU 02 SEMARANG


Bayu Iskandar , 1401409014 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN KARANGAYU 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN KARANGAYU 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN KARANGAYU 02 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang, ditemukan masalahdalam pembelajaran Matematika. Pembelajaran kurang diawali dengan masalah nyata dansiswa kurang diarahkan untuk memecahkan soal melalui penyelidikan, karena kendali pembelajaranpada guru. Penggunaan media yang kurang optimalmembuat pembelajaran kurang menarik. Kondisi tersebut menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang dan sebagai hasilnyahasil belajar siswa menjadi rendah.Hal ini dibuktikan dari 30 siswa, 18 diantaranya (60%) mengalami ketidaktuntasan belajar dengan nilai di bawah KKM yaitu 62. Dan hanya 12 siswa (40%) yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai di atas KKM.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui penggunaan Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VC SD Negeri Karangayu 02?". Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran di kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan, yaitu pada akhir siklus 1 jumlah skor 43 dengan kategori tinggi dan pada akhir siklus 2 jumlah skor 48 dengan kategori sangat tinggi.Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada akhir siklus 1 jumlah skor rata-rata yang diperoleh 19,1 dengan kategori tinggi dan pada akhir siklus 2 skor rata-rata meningkat mencapai 23,4 dengan kategori sangat tinggi.Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 40%. Setelah dilaksanakan tindakan mengalami peningkatan pada akhir siklus 1 ketuntasan belajar 62,7% dan pada akhir siklus 2 ketuntasan belajar 86,2% dengan KKM ≥ 62 Simpulan dari penelitian ini adalah melalui Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.Saran bagi guru adalah dalam mengembangkan pembelajaran matematika sebaiknya guru memulai dengan memberikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan nyata dan pemecahan masalah juga akan lebih menarik tatkala menggunakan media yang tidak monoton, media video pembelajaran bisa dijadikan pilihan. Kata Kunci: kualitas pembelajaran, PBL, video pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, PBL, video pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:21
Last Modified: 07 Oct 2013 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17364

Actions (login required)

View Item View Item