PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING


NOVITA HARNANINGRUM, 1401409117 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG )
Download (14MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS bertujuan untuk membina siswa menjadi warga negara Indonesia yang baik, memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial. Masalah yang ditemukan di kelas V SDN Gajahmungkur 02 Kota Semarang adalah pembelajaran IPS tidak berkualitas, model dan media pembelajaran yang diterapkan guru kurang tepat sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran rendah ditandai dengan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa rendah. Dari kondisi tersebut, peneliti sudah melaksanakan perbaikan menggunakan model pembelajaraan Kancing Gemerincing berbantuan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui model pembelajaran Kancing Gemerincingberbantuan media audiovisual dapat meningkatkanketerampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajarsiswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Gajahmungkur 02 Kota Semarang?”.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajarsiswa dalam pembelajaran IPSmelaluimodel pembelajaran Kancing Gemerincing berbantuan media audiovisual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Kota Semarang. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 27 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 15,05 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 19,45 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 23,15 dengan kategori sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 60% , meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan meningkat pada siklus III menjadi 95%. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III >80% sehingga dinyatakan tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kancing Gemerincing berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, antara lain keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Kota Semarang. Saran dari penelitian ini adalah pada proses pembelajaran hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran kancing gemerincing berbantuan media audiovisual sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Kancing Gemerincing, Media Audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:28
Last Modified: 07 Oct 2013 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item