MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALEM (Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012/2013)


Cicih Purwanti , 1301408075 (2013) MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALEM (Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALEM (Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012/2013)]
Preview
PDF (MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALEM (Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012/2013))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII SMP Negeri 2 Salem Kabupaten Brebes menunjukan rendahnya minat studi lanjut siswa ke SMK serta belum maksimal pelaksanaan layanan klasikal khususnya layanan infromasi. Melalui layanan informasi karier ini dapat meningkatkan minat studi lanjut ke SMK. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi karier yang efektif untuk meningkatkan minat studi lanjut ke SMK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Salem Kabupaten Brebes sebanyak 35 siswa, meliputi 19 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala minat studi lanjut,dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif yaitu deskriptif presentase dan analisis deskriptif untuk data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh presentase minat studi lanjut ke SMK pada siswa kelas VIII B sebelum mendapatkan layanan sebesar 51.81% dengan kategori rendah dengan rincian 1 siswa memiliki kategori tinggi, 12 siswa memiliki kategori sedang, 21 siswa memiliki kategori rendah, dan 1 siswa memiliki kategori sangat rendah. Teknik pelaksanaan tindakan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Presentase minat studi lanjut ke SMK setelah pemberian tindakan setelah siklus I sebesar 64.81% dengan kategori sedang dengan rincian 18 siswa memiliki kategori tinggi, 13 siswa memiliki kategori sedang, dan 4 siswa memiliki kategori rendah. Presentase setelah siklus II sebesar 75.05% dengan kategori tinggi dengan rincian 1 siswa memiliki kategori sangat tinggi, 31 siswa memiliki kategori tinggi, 3 siswa memiliki kategori sedang. Sesudah diberikan tindakan sebanyak dua siklus terjadi peningkatan presentase minat studi lanjut ke SMK sebesar 23.24%, dengan kata lain layanan informasi karier efektif untuk meningkatkan minat studi lanjut ke SMK. Simpulan dari penelitian ini adalah minat studi lanjut ke SMK dapat ditingkatkan melalui layanan informasi karier. Saran yang diberikan adalah konselor sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat studi lanjut ke SMK pada siswa melalui layanan informasi karier serta pihak sekolah agar menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Studi Lanjut ke SMK, Layanan Informasi Karier.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:23
Last Modified: 04 Oct 2013 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17334

Actions (login required)

View Item View Item