UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG 2012


Nunur Yuliana Dewi , 1301408047 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG 2012]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG 2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X1 SMA Negeri 1 Sumber Rembang yang menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok diharapkan kepercayaan diri yang dialami oleh siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan melaksanakan dua siklus tindakan. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling yaitu 10 orang siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, sedang dan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis dan observasi. Validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% (361,0tabelr). Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha dan menunjukkan angka 0,837, dengan demikian instrumen dikatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh, kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok bahwa anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi 81%, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang 64%, sedang anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah 53%. Setelah mendapat layanan bimbingan kelompok kepercayaan diri siswa meningkat, anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi prosentase kepercayaan diri bertambah 83% masuk dalam kategori prosentase tinggi, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 74% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi, dan anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 69% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi. Dari perhitungan uji wilcoxon diperoleh Thitung = 55> Ttabel = 8. Disimpulkan bahwa kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun saran peneliti untuk siswa dan guru pembimbing diharapkan agar mampu meningkatkan kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:48
Last Modified: 04 Oct 2013 10:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17322

Actions (login required)

View Item View Item