HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU REPRODUKSI SEHAT PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOREJO


Wahyu Miraningsih , 1301408033 (2013) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU REPRODUKSI SEHAT PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU REPRODUKSI SEHAT PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOREJO]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU REPRODUKSI SEHAT PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOREJO)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena di MAN Purworejo yang menunjukkan bahwa terdapat siswa kelas XI yang mempunyai permasalahan tentang perilaku seksual pra nikah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan perilaku reproduksi sehat siswa, hubungan antara konsep diri dengan perilaku reproduksi sehat siswa, hubungan antara interaksi sosial dan konsep diri dengan perilaku reproduksi sehat siswa. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto, bersifat korelasional, dan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah interaksi sosial (X1), konsep diri (X2) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah perilaku reproduksi sehat (Y). Populasi penelitian sebanyak 288 siswa kelas XI. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling, sampel diambil 25% dari jumlah siswa dengan besar sampel (n=72). Pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan angket tertutup. Validitias diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi ganda. Dari analisis regresi ganda menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dengan perilaku reproduksi sehat, diperoleh hasil t hitung = 4,878 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, (2) ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku reproduksi sehat, diperoleh hasil t hitung = 5,973 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, (3) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dan konsep diri dengan perilaku reproduksi sehat, diperoleh nilai F hitung = 30,878 dengan sig = 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dengan perilaku reproduksi sehat, (2) ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku reproduksi sehat, (3) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dan konsep diri dengan perilaku reproduksi sehat. Oleh karena itu disarankan guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa terkait dengan interaksi sosial dan konsep diri, serta bekerjasama dengan tenaga kesehatan untuk memberikan penyuluhan tentang perilaku reproduksi sehat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, konsep diri, perilaku reproduksi sehat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:49
Last Modified: 04 Oct 2013 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17318

Actions (login required)

View Item View Item