EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DENGAN MEDIA PICTURE POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT


Ike Sulistiyati Septiyani, 2302408008 (2013) EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DENGAN MEDIA PICTURE POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DENGAN MEDIA PICTURE POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DENGAN MEDIA PICTURE POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Jepang, pola kalimat merupakan aspek penting dalam kemampuan berbahasa. Dengan memperhatikan pola kalimat, siswa dapat menyimak bacaan, memahami maksud suatu kalimat, dan mengemukakan pendapat. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa siswa, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat kalimat bahasa Jepang terutama dalam hal menyusun kalimat. Hal tersebut dikarenakan susunan kalimat dalam bahasa Jepang ada yang berbeda dengan susunan kalimat bahasa Indonesia, selain itu susunan frasa pun berbeda. Guru mata pelajaran sering sekali menggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Jepang. Hal itu mengakibatkan siswa menjadi sering terbalik dan kesulitan dalam menyusun kata yang terdapat frasa untuk mengungkapkan posisi benda dan kepemilikan. Upaya untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut, penulis menggunakan metode langsung dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang, supaya siswa tidak terbalik dalam menyusun kata terutama dalam frasa yang menyatakan kepemilikan dan posisi benda. Penulis juga akan mengkombinasikan metode langsung dengan media picture power point, alasan penggunaan media tersebut supaya siswa lebih mudah memahami pelajaran menggunakan metode langsung karena menggunakan gambar sesuai situasi nyata. Selain itu, akan membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar karena di tunjang dengan gambar, efek suara, dan tampilan yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu eksperimentalatau eksperimen murni, dengan desain penelitian kelas eksperimen-kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 dan X3 SMA N 1 Singorojo Tahun Ajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus KR 21. Berdasarkan hasil analisis data tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 87, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 74.70. Analisis tes berdasarkan tabel ttestdengan taraf kepercayaan 5% untuk N-2 (63-2) adalah 2.00, dan diperoleh nilai thitung = 4.80. Diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode langsung dengan media picture power point efektif dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang siswa kelas X SMA N 1 Singorojo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode langsung, picture power point, pola kalimat.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 22793 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 12:58
Last Modified: 03 Oct 2013 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17231

Actions (login required)

View Item View Item