IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD SWASTA KRISTEN/KATOLIK SE-KECAMATAN SEMARANG SELATAN


Henny Juanita Christiani , 1301408011 (2013) IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD SWASTA KRISTEN/KATOLIK SE-KECAMATAN SEMARANG SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD SWASTA KRISTEN/KATOLIK SE-KECAMATAN SEMARANG SELATAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD SWASTA KRISTEN/KATOLIK SE-KECAMATAN SEMARANG SELATAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberian pelayanan bimbingan dan konseling di SD menjadi tugas dan tanggungjawab guru kelas sebagai pembimbing dan pengasuh utama yang setiap hari berada bersama siswa dalam proses pendidikan sehingga guru kelas lebih memahami perkembangan siswanya. Layanan bimbingan dan konseling diberikan untuk dapat dicapai perkembangan siswa secara optimal sehingga dibutuhkan persiapan yang matang sebelumnya. Persiapan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling itu meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Namun pada kenyataannya, guru kelas mengalami hambatan dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling yaitu kurangnya pemahaman, kemauan, serta keterampilan guru kelas dalam melaksanakan tugas itu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di SD serta hambatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan serta hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survai karena melibatkan banyak responden yaitu guru kelas IV-V-VI di SD Swasta Kristen/Katolik se-Kecamatan Semarang Selatan. Teknik penelitiannya adalah teknik total sampling karena jumlah populasi hanya 37 orang dengan pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 58 item. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan persentase implementasi pelayanan bimbingan dan konseling di SD pada tahap perencanaan 71% dalam kategori rendah, tahap pelaksanaan 85% tinggi, tahap evaluasi 79% tinggi, serta hambatan 82% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pelayanan bimbingan dan konseling di SD dilaksanakan oleh guru kelas namun belum sesuai dengan pola pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di SD yang seharusnya. Hal ini disebabkan karena adanya hambatan antara lain pemahaman, kemauan, serta keterampilan guru kelas dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling. Saran yang diberikan yaitu hendaknya kepala sekolah dengan dinas terkait melakukan koordinasi untuk mengkaji lebih lanjut tentang pengimplementasian pelayanan bimbingan dan konseling di SD sehingga guru kelas dapat memiliki wawasan dan pemahaman yang lebih luas tentang pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa asuhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:46
Last Modified: 04 Oct 2013 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17212

Actions (login required)

View Item View Item