UJI KETAHANAN BIODEGRADABLE PLASTIC BERBASIS TEPUNG BIJI DURIAN (Durio Zibethinus Murr) TERHADAP AIR DAN PENGUKURAN DENSITASNYA


Nathiqoh Al Ummah, 4211409035 (2013) UJI KETAHANAN BIODEGRADABLE PLASTIC BERBASIS TEPUNG BIJI DURIAN (Durio Zibethinus Murr) TERHADAP AIR DAN PENGUKURAN DENSITASNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UJI KETAHANAN BIODEGRADABLE PLASTIC BERBASIS TEPUNG BIJI DURIAN (Durio Zibethinus Murr) TERHADAP AIR DAN PENGUKURAN DENSITASNYA]
Preview
PDF (UJI KETAHANAN BIODEGRADABLE PLASTIC BERBASIS TEPUNG BIJI DURIAN (Durio Zibethinus Murr) TERHADAP AIR DAN PENGUKURAN DENSITASNYA)
Download (778kB) | Preview

Abstract

Pengembangan teknologi kemasan plastik biodegradable adalah salah satu upaya alternatif yang dilakukan untuk keluar dari permasalahan ketergantungan penggunaan kemasan plastik yang non degradable (plastik konvensional). Hal ini dilatarbelakangi berkurangnya bahan yang berasal dari cadangan minyak bumi, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan serta resiko kesehatan. Untuk memperoleh plastik biodegradable, pati ditambahkan khitosan dan gliserol pemlastis, sehingga diperoleh plastik yang lebih luwes dan elastis. Penelitian ini mengkaji pemanfaatan pati biji durian dan khitosan sebagai bahan dasar pembuatan plastik biodegradable. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan khitosan pada proses pembuatan plastik biodegradable dari limbah biji durian. Dalam penelitian ini dilakukan studi mengenai pembuatan bioplastik campuran pati dan khitosan, serta gliserol sebagai pemlastis dengan melakukan variasi terhadap khitosan. Hasil yang diperoleh berupa lembaran tipis plastik (film plastik) yang telah diuji sifat ketahanan air sebesar 0,85%, kerapatan maksimum sebesar 1,61 kg/l dengan komposisi khitosan 3 % dari larutan pati, uji transparasi terbaik yang mencapai lebih dari 70% cahaya yang ditransmitansikan, serta uji biodegradasi selama 8 hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Plastik biodegradable, khitosan, biji durian
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 02 Oct 2013 09:16
Last Modified: 02 Oct 2013 09:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17184

Actions (login required)

View Item View Item