UPAYA MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI KONSELING TRAIT AND FACTOR PADA KELAS XI B DI SMK NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2011/2012


Nova Galuh Tiarasani , 1301407036 (2012) UPAYA MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI KONSELING TRAIT AND FACTOR PADA KELAS XI B DI SMK NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI KONSELING TRAIT AND FACTOR PADA KELAS XI B DI SMK NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (UPAYA MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI KONSELING TRAIT AND FACTOR PADA KELAS XI B DI SMK NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecemasan dalam pemilihan karier yaitu suatu perasaan gelisah, ragu dan takut, apabila seseorang membuat pilihan yang salah dalam menentukan arah pilih kariernya. Keadaan tersebut terjadi di SMK Negeri 1 Wirosari. Siswa mengalami kecemasan untuk menentukan arah pilih karier mereka setelah lulus. Untuk menangani kasus kecemasan dalam pemilihan karier dalam penelitian ini menggunakan konseling Trait and Factor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan kecemasan siswa dalam pemilihan karier sebelum dan setelah diberi layanan konseling Trait and Factor pada siswa kelas XI B SMK Negeri 1 Wirosari Grobogan, dan mengetahui permasalahan siswa yaitu mengalami kecemasan dalam pemilihan karier dapat teratasi dengan menggunakan konseling Trait and Factor. Penelitian ini menggunakan penelitian ekperimen dengan subyeknya 6 siswa yang mengalami kecemasan dalam pemilihan karier. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan dalam pemilihan karier. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat kecemasan siswa dalam pemilihan karier sebelum mendapat layanan Konseling Trait and Factor menunjukkan skor sebesar 73% dalam kategori kecemasan tinggi. Setelah mendapat layanan Konseling Trait and Factor tingkat kecemasan siswa menurun menjadi skor sebesar 34% dalam kategori kecemasan rendah. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat penurunan kecemasan siswa dalam pemilihan karier setelah diberikan konseling Trait and Factor, dengan menggunakan perhitungan uji wilcoxon skor sebesar 23%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yang mengalami kecemasan dalam pemilihan karier dapat teratasi dengan menggunakan konseling Trait and Factor pada siswa kelas XI B SMK Negeri I Wirosari Grobogan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah agar konselor hendaknya memberikan suatu program yang dapat menurunkan kecemasan siswa dalam pemilihan karier dengan menggunakan pendekatan konseling trait and factor dengan teknik advising or planing a program of action, misalnya menggunakan konseling individu kepada para siswa .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, layanan konseling trait and factor.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:46
Last Modified: 01 Oct 2013 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17180

Actions (login required)

View Item View Item