PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK
Eva Wahyuningtyas , 1201408017 (2013) PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pengelolaan program pelatihan menjahit tingkat dasar pada anak putus sekolah di Balai Latihan Kerja (BLK) Demak; (2) Faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan program; (3) Faktor yang menjadi pendorong dalam pengelolaan program; (4) Bagaimanakah manfaat hasil pelatihan. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mengetahui pengelolaan program pelatihan; (2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat pengelolaan program pelatihan; (3) Untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung pengelolaan program; (4) Untuk mengetahui .manfaat hasil pelatihan Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Balai Latihan Kerja Demak. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 11 orang, yang terdiri dari 1 kepala pengelola, 2 pengelola / instruktur, 8 peserta pelatihan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Pengelolaan program pelatihan meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penilaian; (2) Faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan program yaitu perencanaan terdapat penyusunan program yang yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan hasil akhir kegiatan program, dalam pengorganisasian kurangnya instruktur yang ahli dalam bidang, kurangnya pengawasan dalam penggerakan, dalam penilaian ketidaksesuaian antara hasil nyata dengan hasil yang dicapai (3)Faktor pendukung dalam pengelolaan program yaitu faktor dari dalam diantaranya pendidik, peserta, pengelola, sarana prasarana media, faktor dari luar mitra kerja; (4)dampak positif yang diperoleh yaitu penegtahuan baik keterampilan maupun sikap. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Kegiatan yang ada perlu dipantau tingkat keterlaksanaannya, (2) melakukan penguatan positif agar kendala yang terdapat dalam pengelola program dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan program; Pelatihan, Putus Sekolah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 07 Oct 2013 10:37 |
Last Modified: | 07 Oct 2013 10:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17153 |
Actions (login required)
View Item |