PENGARUH KESIAPAN TERHADAP PERILAKU ORANGTUA DALAM MENGHADAPI SIBLING RIVALRY (CEMBURU) PADA ANAK USIA DINI DI DESA HARJOWINANGUN BARAT KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG


Tutik Khasanah, 1201408002 (2012) PENGARUH KESIAPAN TERHADAP PERILAKU ORANGTUA DALAM MENGHADAPI SIBLING RIVALRY (CEMBURU) PADA ANAK USIA DINI DI DESA HARJOWINANGUN BARAT KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESIAPAN TERHADAP PERILAKU ORANGTUA DALAM MENGHADAPI SIBLING RIVALRY (CEMBURU) PADA ANAK USIA DINI DI DESA HARJOWINANGUN BARAT KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (PENGARUH KESIAPAN TERHADAP PERILAKU ORANGTUA DALAM MENGHADAPI SIBLING RIVALRY (CEMBURU) PADA ANAK USIA DINI DI DESA HARJOWINANGUN BARAT KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sibling Rivalry merupakan hal yang wajar terjadi pada keluarga yang mempunyai balita lebih dari satu. Orangtua adalah kunci bagi munculnya Sibling Rivalry dan juga berperan memperkecil munculnya hal tersebut. Oleh karena itu muncul permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu: Apakah ada pengaruh kesiapan terhadap perilaku orangtua dalam menghadapi Sibling Rivalry pada anak usia dini ?. Tujuan dari penelitian ini adalah secara umum untuk mengetahui pengaruh kesiapan terhadap perilaku orangtua dalam menghadapi Sibling Rivalry pada anak usia dini sedangkan secara khusus untuk mengetahui kesiapan dan perilaku Orangtua dalam menghadapi Sibling Rivalry pada anak usia dini. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada masyarakat Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Sampel yang dipilih adalah Orangtua yang mempunyai balita lebih dari satu di Desa Harjowinangun Barat kecamatan Tersono Kabupaten Batang berjumlah 33 orang. Variabel yang dikaji kesiapan Orangtua dalam menghadapi Sibling Rivalry sebagai variabel bebas dan perilaku Orangtua dalam menghadapi Sibling Rivalry sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Selanjutnya untuk keperluan analisis data digunakan anasisis deskriptif dengan rumus persentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kesiapan Orangtua dalam menghadapi sibling rivalry pada anak usia dini di Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang dalam kategori kurang baik dan perilakunya dalam menghadapi sibling rivalry pada anak usia dini juga kurang baik. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung = 27,291 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan kesiapan terhadap perilaku Orangtua dalam menghadapi sibling rivalry pada anak usia dini di Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Adapun besarnya pengaruh tersebut adalah 46,8%. Simpulan dari penelitian ini yaitu perilaku Orangtua dalam menghadapi sibling rivalry merupakan cerminan dari kesiapan Orangtua dalam sibling rivalry pada anak usia dini. Saran terkait simpulan tersebut yaitu: 1) Bagi Orangtua yang memiliki anak usia dini lebih dari satu perlu mempersiapkan secara dini munculnya sibling rivalry pada anak-anaknya dengan memberikan perhatian dan kasih sayang secara adil sesuai masa perkembangan anak agar munculnya perilaku sibling rivalry pada diri anaknya dapat diminimalisir seoptimal mungkin, dan 2) Bagi penelitian selanjutnya yang tertarik melakukan kajian sejenis dapat mengambil variabel lain yang diduga turut mempengaruhi munculnya perilaku sibling rivalry agar diperoleh informasi yang semakin lengkap terkait faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya perilaku sibling rivalry.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sibling Rivalry (Cemburu)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:40
Last Modified: 07 Oct 2013 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item View Item