KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN


Tomi Hermawan , 1102408024 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam pendidikan. Kita mengenal istilah pembelajaran berbasis web (e-learning) sebagai bentuk penerapan TIK dalam pembelajaran. Penerapan e-learning diharapkan dapat mengatasi masalah dalam dunia pendidikan dan menghadapi tantangan perkembangan zaman. Seperti masalah dosen yang meninggalkan perkuliahan demi menjalakan tugas pengabdian diluar kampus. Lalu tantangan globalisasi yang menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi keempat sebagai pengguna internet terbanyak di Asia pada tahun 2011. Dan pemanfaatan TIK yang telah tertulis dalam renstra Kemdiknas pada tahun 2010-2014. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, Universitas Negeri Semarang (Unnes) memanfaatkan e-learning yang diberi nama ELENA sebagai alat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis web (ELENA) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan meningkatnya motivasi belajar mahasiswa pada prodi Teknologi Pendidikan, jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Unnes. Lalu seberapa besar pengaruh ELENA terhadap meningkatnya motivasi belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan responden pada angkatan 2008, 2009 dan 2010 karena pada angkatan tersebut telah memanfaatkan ELENA dalam proses pembelajaranya, yaitu pada mata kuliah pengembangan e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan model analisis desktiptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berbasis web dengan motivasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan. Besarnya pengaruh adalah 29%, sedangkan sisanya merupakan faktor diluar variabel pembelajaran berbasis web. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran berbasis web dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis web, e-learning, motivasi belajar, ELENA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:45
Last Modified: 07 Oct 2013 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item