PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS HUMANISTIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK NEGERI 11 SEMARANG
Wennimen Ronalin Hulu , 1102407032 (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS HUMANISTIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS HUMANISTIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK NEGERI 11 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan pembelajaran konstruktivisme. Di dalam konstruktivisme peranan guru bukan pemberi jawaban akhir atas pertanyaan peserta didik, melainkan mengarahkan peserta didik untuk membentuk (mengkonstruksi) pengetahuan matematika sehingga diperoleh struktur matematika. Menjadikan posisi guru dalam pembelajaran matematika untuk bernegosiasi dengan peserta didik, bukan memberikan jawaban akhir yang telah jadi. Pembelajaran juga menekankan pentingnya emosi atau perasaan, komunikasi yang terbuka, dan nilai-nilai yang dimiliki setiap peserta didik. Humanistik memandang proses belajar bukan hanya sebagai sarana transformasi pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu, proses belajar merupakan bagian dari mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan. Pada prakteknya masalah akan lebih tepat jika dikerjakan secara kelompok dibandingkan secara individu. Kerjasama antar teman sebaya menjadikan proses pembelajaran benar-benar dinikmati oleh peserta didik, karena interaksi kelompok dapat menimbulkan kebutuhan saling memiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan belajar, menganalisis peningkatan belajar, dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian experimental tipe pre post control design, yaitu desain penelitian dengan membandingkan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui dua kali tes yaitu tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment, kelompok eksperimen menujukkan hasil belajar yang berbeda dengan kelompok kontrol. Perbedaan hasil belajar ini tidak lepas dari pembelajaran yang dirancang dimana peserta didik lebih dihadapkan pada pelajaran melalui pembelajaran dengan melakukan proses konstuktif (membangun konsep awal) terlebih dahulu. Serta dukungan aktivitas pembelajaran yang dilakukan sehingga terjalin kerjasama, ada rasa berbagi saling memberi dan menerima. Dengan landasan humanistik membawa perubahan pada kondisi pembelajaran yang lebih kondusif dan tidak menegangkan yang dapat mengurangi kecemasan peserta didik terhadap ketakutan sendiri terhadap pelajaran matematika yang sering dipandang menakutkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konstruktivisme, humanistik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 07 Oct 2013 10:45 |
Last Modified: | 07 Oct 2013 10:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17132 |
Actions (login required)
View Item |