PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS BERBANTUAN KARTU PERMASALAHAN KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT


Arum Nur Wulandari , 4101409030 (2013) PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS BERBANTUAN KARTU PERMASALAHAN KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS BERBANTUAN KARTU PERMASALAHAN KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS BERBANTUAN KARTU PERMASALAHAN KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika adalah bagaimana membentuk karakter peserta didik terpadu pada kegiatan pembelajaran. Pendidikan karakter yang telah dilaksanakan selama ini belum disertai dengan penilaian serta penerapannya masih sebagai tempelan model pembelajaran sehingga pencapaiannya belum diketahui. Permasalahan lain dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya keterampilan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi pemasalahan tersebut adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran berbantuan media yang tepat. Dalam penelitian ini, diterapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan kartu permasalahan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah melalui pembelajaran matematika dengan model TAPPS berbantuan kartu permasalahan pada materi pokok segiempat kelas VII (1) Bagaimana mengembangkan karakter peserta didik yang ditunjukkan dalam sikap dan perilaku kerja keras? (2) Apakah dapat mengembangkan karakter peserta didik yang ditunjukkan dalam sikap dan perilaku kerja keras? (3) Bagaimana meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik? (4) Apakah dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik? dan (5) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dapat mencapai ketuntasan yang ditetapkan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Situasi sosial dalam penelitian dipilih satu kelas, yaitu kelas VII B SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian dalam penelitian ini diambil secara purposive atau dengan pertimbangan, sehingga terpilih lima peserta didik yang menempati rangking pertama, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga dan terakhir pada tes pendahuluan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima subjek penelitian menunjukkan peningkatan perilaku pada indikator-indikator karakter kerja keras. Berdasarkan penghitungan dan analisis gain skor keterampilan pemecahan masalah diperoleh data kelima subjek penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan pemecahan masalah, yaitu mencapai kategori sedang dan tinggi. Kemampuan pemecahan masalah kelima subjek penelitian ditunjukkan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil menunjukkan bahwa kelimanya mencapai ketuntasan individual, selain itu kelas penelitian juga dapat mencapai ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian adalah penerapan pembelajaran matematika dengan model TAPPS berbantuan kartu permasalahan dapat membentuk karakter kerja keras dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Selain itu dengan pembelajaran tersebut peserta didik dapat mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan, baik secara individual maupun klasikal pada tes kemampuan pemecahan masalah. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran guru hendaknya lebih banyak memberikan soal pemecahan masalah serta melakukan variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran seperti menerapkan model pembelajaran TAPPS berbantuan kartu permasalahan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang dapat membentuk karakter peserta didik yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter, model pembelajaran TAPPS, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 22830 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:22
Last Modified: 07 Oct 2013 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item