HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA (PASKIBRA) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2006/2007


Rudi Salam, 3101403519 (2007) HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA (PASKIBRA) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA (PASKIBRA) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2006/2007] PDF (HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA (PASKIBRA) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2006/2007) - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler Paskibra adalah kegiatan yang sangat menekankan nilai-nilai rasa cinta tanah air, nasionalisme serta nlai-nilai kemanusiaan dan patriotisme, selain mempelajari sejarah nasional Indonesia dan sejarah perjuangan bangsa, kegiatan ekstrakurikuler Paskibra juga menanamkan sikap rela berkorban. Adanya kesamaan tujuan antara mata pelajaran sejarah dan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra itu maka peneliti ingin mengkaji lebih dalam hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dengan prestasi belajar sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra di SMA Negeri 3 Semarang ?, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra pada mata Pelajaran Sejarah semester genap tahun pelajaran 2006/2007 ?, (3) Adakah hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2006/2007?. Penelitian ini bertujuan : (1) Ingin mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra di SMA Negeri 3 Semarang, (2) Ingin mengetahui prestasi belajar siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra pada mata pelajaran Sejarah semester genap tahun pelajaran 2006/2007, dan (3) Ingin mengetahui hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang pada semester genap tahun Pelajaran 2006/2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan dengan serangkaian prosedur, yang berturut-turut dikelompokan antara lain menentukan populasi, sampel, variabel, metode pengumpulan data, melakukan uji coba instrumen dan menganalisis data. Hasil penelitian, menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra di SMA Negeri 3 Semarang, dilaksanakan pada sore hari di luar jam pelajaran. Prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra pada mata Pelajaran Sejarah semester genap tahun pelajaran 2006/2007 rata-rata sebesar 82 atau sebesar 71,78 %. ini termasuk dalam kategori tinggi atau baik. Dan diperoleh hasil yaitu rxy sebesar 0,4577 lebih besar dari rt (r tabel) 5 % = 0,362, yang berarti rxy > rt 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang dengan prestasi belajar sejarah semester genap tahun pelajaran 2006/2007, dengan kriteria tingginya nilai prestasi yang diperoleh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini yaitu dari 30 sampel terdapat 13,4 % atau 4 siswa yang memperoleh prestasi sangat baik dan 86,6 % dari 26 siswa yang mendapatkan prestasi baik, dengan berpedoman pada kriteria persentase 88%-100% dengan katergori sangat baik yaitu 13,4 % atau frekuensi 4 siswa, dan kriteria persentase 71-87 % dengan kategori baik yaitu 86,6 % atau frekuensi 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat memberi masukan supaya para pengelola pendidikan, khususnya Dinas Pendidikan agar para kepala sekolah diusahakan untuk selalu meningkatkan kepedulian dan partisipasi orang tua siswa dan tokoh-tokoh pemerintah setempat dan masyarakat membantu terwujudnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra. Demikian juga dengan siswa agar prestasi yang sudah baik dipertahankan dan di tingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra, Prestasi, Belajar, Sejarah,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item