HUBUNGAN KEEFEKTIFAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
DARONI, 1103503009 (2007) HUBUNGAN KEEFEKTIFAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN KEEFEKTIFAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (616kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan secara khusus berada di tangan para guru selaku ujung tombak proses pembelajaran di sekolah. Menyadari akan hal tersebut kinerja guru memiliki peranan penting untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Oleh karena itu berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja guru perlu diperhatikan, termasuk keefektifan komunikasi kepala sekolah dan iklim organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keefektifan komunikasi kepala sekolah dengan kinerja guru, mengetahui hubungan antara iklim organisasi dengan kinerja guru dan mengetahui hubungan antara keefektifan komunikasi kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan rancangan non eksperimen. Populasi adalah seluruh guru tetap dan berstatus Pegawai Negeri Sipil pada Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kecamatan Margadana Kota Tegal sejumlah 156 orang dengan sampelnya 74 orang. Metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah angket dengan jenis instrumennya angket dan skala yang terlebih dahulu diujikan tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data adalah menentukan kecenderungan umum responden, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keefektifan komunikasi kepala sekolah dengan kinerja guru, terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru dan secara simultan terdapat hubungan/pengaruh yang siginifkan antara keefektifan komunikasi kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru. Secara simultan variabel keefektifan komunikasi kepala sekolah dan iklim organisasi dapat menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 55% sedangkan sisanya sebesar 45% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Saran yang dapat diberikan adalah kepala sekolah harus lebih meningkatkan jalinan komunikasi yang lebih erat dengan para guru, tidak menempatkan diri sebagai atasan para guru dengan kewenangan penuh menentukan nasib para guru, tetapi harus sebagai mitra kerja yang bekerjasama meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, bersama para guru dan personil lainnya mengembangkan iklim organisasi yang lebih kondusif , guru perlu meningkatkan kinerjanya dan membahas permasalahan secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan Komunikasi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2013 06:58 |
Last Modified: | 28 May 2013 06:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16884 |
Actions (login required)
View Item |