DETERMINAN KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG


Rachmat Subarkah, 1103502036 (2008) DETERMINAN KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI  DI KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (DETERMINAN KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG) - Published Version
Download (483kB) | Preview

Abstract

Keberadaan Sekolah Dasar sebagai satu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dengan program pendidikan enam tahun, memiliki peran yang sangat strategis dan penting di lingkungan pendidikan maupun dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui pendidikan tingkat ini seorang anak akan memperoleh berbagai kemampuan dasar yang berguna bagi dirinya untuk berkembang lebih lanjut di masa mendatang dan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut Sekolah dasar sebagai sebuah institusi pendidikan diharapkan mampu melakukan proses edukasi, sosialisasi, dan transformasi bagi siswanya. Oleh karenanya kemampuan segenap komponen pendidikan perlu dibina dan ditingkatkan secara terus menerus agar efektifitas dan kinerja sekolah makin meningkat Dalam penelitian ini dikaji determinan kinerja sekolah serta hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial dengan kinerja sekolah pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Magelang. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar hubungan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar, dan lingkungan sosial dengan kinerja sekolah. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Magelang. Populasi yang berjumlah 584 sekolah. sampel dari populasi 234 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya sumbangan efektif dari masing-masing prediktor terhadap kriterium, sebagai berikut: sumbangan efektif prediktor X1 (kemampuan manajerial kepala sekolah) sebesar= 19,493%; X2 (ketersediaan sumber belajar) sebesar= 6,447%; dan X3 (lingkungan sosial sekolah) sebesar= 2,509%. Ternyata prediktor X1 (kemampuan manajerial kepala sekolah) memberikan kontribusi paling besar terhadap kinerja sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja sekolah, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Sumber Belajar, dan Lingkungan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 06:44
Last Modified: 28 May 2013 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item