ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU-LINTAS (STUDI KASUS JALAN TOL JATINGALEH-SRONDOL SEMARANG)
Teguh Iman Santoso , 5101402021 (2007) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU-LINTAS (STUDI KASUS JALAN TOL JATINGALEH-SRONDOL SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU-LINTAS (STUDI KASUS JALAN TOL JATINGALEH-SRONDOL SEMARANG))
- Published Version
Download (501kB) |
Abstract
Mobilitas manusia dan barang dengan kendaraan bermotor berkembang begitu cepat sebagai akibat peningkatan kesejahteraan dan kemajuan teknologi transportasi. Hal ini berdampak kepada meningkatnya frekuensi kecelakaan lalulintas dengan korban pengemudi maupun masyarakat pemakai jalan. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan hal yang relatif baru di Indonesia. Standar perencanaannya tinggi sehingga membedakan jalan tol ini dibanding dengan jalan raya biasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daerah rawan kecelakaan lalu-lintas di jalan tol Jatingaleh-Srondol Semarang, selama kurun waktu tiga tahun pengamatan mulai dari tahun 2004 sampai dengan 2006. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat diskriptif analisis prosentase yang merupakan proses penggambaran lokasi penelitian, yaitu pada daerah rawan kecelakaan di jalan tol Jatingaleh-Srondol Semarang. Dalam penelitian ini akan diperoleh gambaran tentang faktor penyebab, waktu kejadian, kendaraan yang terlibat, tipe tabrakan, dan cuaca. Dari hasil penelitian faktor penyebab terjadinya kecelakaan pada daerah rawan kecelakaan di jalan tol Jatingaleh-Srondol Semarang adalah karena faktor keadaan pengemudi (67,44%), kerusakan kendaraan (31,40%) dan kondisi jalan (1,16%). Secara diskriptif pengemudi yang mengalami kecelakaan pada ruas jalan tol tersebut sebagian besar disebabkan karena kurang antisipasi (77,59%). Waktu kejadian kecelakaan paling sering antara pukul 12.00 – 18.00 (29,07%). Truk merupakan tipe kendaraan yang sering terlibat kecelakaan (66,67%). Tabrak depan belakang merupakan jenis kecelakaan yang sering terjadi (44,19%). Kondisi cuaca cerah lebih sering terjadi kecelakaan (68,60%). Dari hasil analisis data, kondisi jalan dan lingkungan tidak mempengaruhi terjadinya kecelakaan Secara umum kecelakaan yang terjadi pada daerah rawan di jalan tol Jatingaleh-Srondol Semarang disebabkan oleh kondisi pengemudi itu sendiri. Saran kepada pengguna jalan tol agar meningkatkan kesadaran untuk mematuhi peraturan lalu-lintas di jalan tol dan berhati-hati saat melewati STA 09+700 – STA 11+200 pada ruas jalan tol Jatingaleh-Srondol Semarang serta jalan dibuat agak bertrap untuk mengurangi laju kendaraan pada saat menurun atau berkurangnya laju kendaraan truk pada saat menanjak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daerah Rawan Kecelakaan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 02:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1688 |
Actions (login required)
View Item |