EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERBANTUAN CD INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE STA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX


Moh. Hamzah , 4101506042 (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERBANTUAN CD INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE STA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA  BERBASIS TEKNOLOGI BERBANTUAN CD INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE STA  PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERBANTUAN CD INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE STA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX) - Published Version
Download (431kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah (1) penguasaan siswa terhadap mata pelajaran matematika masih rendah, (2) kegiatan pembelajaran di kelas pada umumnya terpusat pada guru, (3) kurikulum yang berlaku saat ini menghendaki agar dalam pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperasti dan memanfaatkan teknologi informasi dan komuniskasi, dan (4) kesulitan siswa SMPN 2 Cilimus dalam mempelajari geometri khususnya mengenai bangun ruang.Adapun permasalahannya adalah apakah ketuntasan belajar (aktivitas, keterampilan proses dan prestasi belajar) siswa dapat tercapai, keaktivan dan keterampilan proses berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dan perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis teknologi berbantuan CD Interaktif berorientasi model kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang kelas IX. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen, dimana populasinya siswa kelas IX SMP Negeri 2 Cilimus Kuningan terdiri dari 5 kelas. Dengan teknik klaster random sampling terpilih kelas IX C sebagai kelas Eksperimen dan IX E sebagai kelas kontrol. Variabel indevenden penelitian ini keaktivan dan keterampilan proses pada pembelajaran matematika berbasis teknologi berbantuan CD interaktif, dan variabel dependennya prestasi belajar siswa. Data diperoleh dengan lembar pengamatan pada variabel independen dan tes untuk variabel dependen. Data diolah dengan analisis regresi dan uji banding. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika berbasis teknologi berbantuan CD interaktif berorientasi model kooperatif tipe STAD, (1) dapat mencapai kriteria ketuntasan pada hasil belajar yaitu prestasi belajar, keaktivan dan keterampilan proses, (2) terdapat pengaruh yang signifikan keaktivan dan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar dan (3) prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan model pembelajaran matematika berbasis teknologi berbantuan CD Interaktif berorientasi model kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu disarankan kepada guru matematika untuk menerapkan pembelajaran berbasis teknologi berbantuan CD interaktif berorientasi model kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang dan materi-materi matematika yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis Teknologi ,Kooperatif Tipe STAD, dan CD Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 May 2013 01:42
Last Modified: 24 May 2013 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item