Efektifitas Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis


Ahmad Fauzi , 4101405508 (2009) Efektifitas Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis] PDF (Efektifitas Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis) - Published Version
Download (949kB)

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, semakin kreatif seseorang maka akan semakin banyak alternatif penyelesaian jawaban dari suatu masalah. Model pembelajaran saat ini yang digunakan cenderung monoton, guru peserta didik menerima materi yang disampaikan guru dalam bentuk jadi sehingga peserta didik menjadi pasif, peserta didik hanya diajarkan teori sehingga peserta didik kesulitan jika dihadapkan pada masalah di kehidupan. Selain perbedaan biologis yang membedakan laki-laki dengan perempuan tetapi juga dalam hal kemampuan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas matematis peserta didik terutama menyangkut penyelesaian masalah dan yang cocok digunakan untuk peserta didik laki-laki dan perempuan diantaranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) dan model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang memperoleh model PBP dan PBM, peserta didik laki-laki dan perempuan, dan interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik serta bagaimanakah disposisi matematis peserta didik yang memperoleh model PBP dan PBM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang memperoleh model PBP dan PBM, peserta didik laki-laki dan perempuan, dan interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik serta bagaimanakah disposisi matematis peserta didik yang memperoleh model PBP dan PBM. Simpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang menggunakan model PBP dan PBM dimana model PBP lebih baik dari PBM. tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik laki-laki dan perempuan. tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil angket disposisi matematis diperoleh rata-rata persentase disposisi matematis untuk kelompok eksperimen I sebesar 75,98% dan eksperimen II sebesar 73,32%. Saran yang dapat berikan adalah diharapkan guru dapat menerapkan model PBP karena lebih efektif dibandingkan dengan model PBM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah (PBM), model pembelajaran berbasis proyek (PBP), kreativitas matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Apr 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item