EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PROBLEM SOLVING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF DIDASARI ANALISIS SWOT PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS X


Mu’min, 4101506027 (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PROBLEM SOLVING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF DIDASARI ANALISIS SWOT PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS X. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PROBLEM SOLVING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF DIDASARI ANALISIS SWOT PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS X]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PROBLEM SOLVING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF DIDASARI ANALISIS SWOT PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar matematika siswa masih rendah, karena guru dimungkinkan belum menganalisa SWOT sebelum membuat perencanaan pembelajaran, guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran. Guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran. Guru harus membuat perencanaan yang strategis sebelum pembelajaran berlangsung dengan harapan pembelajaran dapat mencapai target optimal. Penelitian eksperimen ini dengan melakukan analisis SWOT terhadap siswa, guru, sarana, kurikulum, namun lebih dominan terhadap materi. Hasil analisis ini diterapkan dalam penelitian yaitu pembelajaran matematika berorientasi problem solving dengan langkah-langkah guru terlebih dulu membagikan CD interaktif untuk dipelajari siswa di rumah, menjelaskan tujuan pembelajaran, memotivasi, mengorganisir tugas belajar yang berhubungan dengan masalah, memberikan tugas dengan membuat kumpulan pertanyaan dari isi CD interaktif yang belum dapat dipahami. Pada saat kegiatan pembelajaran siswa tinggal mereview materi yang telah dibelajar di rumah dan mendiskusikan permasalahan yang belum terpecahkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) pencapaian ketuntasan prestasi belajar siswa, 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh keaktifan dan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar, 5) perbedaan prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran matematika berorientasi problem solving didasari analisis SWOT dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasari, pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan didapat sampel kelas eksperimen X-4 sebanyak 38 siswa, kelas kontrol X-2 dengan pembelajaran konvensional sebanyak 38 siswa, sedangkan kelas uji coba diambil kelas X-1 sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian diperoleh 1) prestasi belajar mencapai tuntas belajar, 2) keaktifan siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, 3) keterampilan proses siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, 4) keaktifan & keterampilan proses siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, 5) rata-rata prestasi belajar lebih baik dari kelas kontrol. Dari hasil penelitian di atas, disarankan sebagai berikut: 1) Guru sebelum mengajar terlebih dahulu melakukan analisis SWOT khususnya terhadap materi 2) Guru harus dapat memilih model pembelajaran yang efektif salah satunya dengan xvii model problem solving 3) Guru sebaiknya memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pembelajaran 4) Bagi pengguna model pembelajaran ini harus memperhatikan kemampuan siswa pada materi prasyarat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SWOT, Problem Solving, Keaktifan, Keterampilan Proses.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2013 01:20
Last Modified: 23 May 2013 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16801

Actions (login required)

View Item View Item