PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOMPETENSI MEMBACA CERITA WAYANG DENGAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SMP
Rini Rusmiasih , 2101506008 (2008) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOMPETENSI MEMBACA CERITA WAYANG DENGAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOMPETENSI MEMBACA CERITA WAYANG DENGAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SMP)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Membaca cerita wayang merupakan salah satu kompetensi membaca pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di tingkat SMP. Pada pelaksanaannya pencapaian kompetensi membaca siswa masih sering dijumpai dengan metoda klasikal, sehingga pembelajaran membaca kurang menarik. Oleh karena itu perlu menciptakan suasana pengelolaan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat kemampuan atau kompetensi siswa membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran dengan CD interaktif sebagai media pembelajaran mandiri kompetensi membaca cerita wayang. Pengembangan CD interaktif ini ditempuh melalui enam tahap pengembangan, yaitu (1) analisis teoretis dan praktis, (2) analisis kebutuhan guru dan siswa, (3) penyusunan prototipe, (4) uji ahli, (5) revisi prototipe, dan (6) uji penggunaan produk. Sumber data penelitian pengembangan ini melibatkan 5 orang guru bahasa Jawa dan 40 orang siswa. Validasi penelitian pengembangan melibatkan 2 orang ahli materi sebagai validasi materi dan 2 orang ahli media sebagai validasi materi. Jenis produk yang dihasilkan berupa CD interaktif kompetensi membaca cerita wayang, dalam format presentasi. Respons terhadap pengembangan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca cerita wayang diperoleh hasil 52,5% responden sangat setuju, 45% setuju dan 2,5% tidak setuju. Manfaat pengembangan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca cerita wayang direspons baik dengan 40% menyatakan sangat tertarik, 52,5% tertarik dan 7,5% tidak tertarik. Keterbantuan belajar dengan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca cerita wayang direspons baik dengan 20% menyatakan sangat terbantu, 75% terbantu, dan 5% tidak terbantu. Berdasarkan simpulan penelitian ini, disarankan bahwa hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan strategi pembelajaran sesuai dengan fasilitas yang disediakan sekolah. Namun secara khusus, saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru agar senantiasa kreatif dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran CD interaktif. Pengembangan penelitian selanjutnya diharapkan menitikberatkan pada (1) uji coba dalam kegiatan pembelajaran secara luas, dan (2) pengembangan media pembelajaran dengan Autoplay Media Studio Profesional yang memiliki fitur yang lebih komplit. Hal ini disebabkan bahan pembelajaran ini disusun dengan keterbatasan fitur yang disediakan oleh software Microsoft Power Point 2003. Namun, memberi nilai plus terhadap pengembangannya karena dapat menjadi open source bagi guru bahasa Jawa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaktif, Kompetensi, Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 May 2013 01:15 |
Last Modified: | 23 May 2013 01:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16799 |
Actions (login required)
View Item |