PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ” MEDIA ANALISIS RUANG ” PADA POKOK BAHASAN VEKTOR


Kusmana, 4001506029 (2008) PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ” MEDIA ANALISIS RUANG ” PADA POKOK BAHASAN VEKTOR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ” MEDIA ANALISIS RUANG ” PADA POKOK BAHASAN VEKTOR]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ” MEDIA ANALISIS RUANG ” PADA POKOK BAHASAN VEKTOR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Vektor adalah salah satu konsep yang dianggap sebagai pengetahuan dasar untuk mempelajari pokok bahasan lain dalam fisika. Berdasarkan definisinya, vektor merupakan suatu besaran yang memiliki nilai dan arah. Dengan menggunakan konsep vektor banyak kaidah-kaidah fisika yang dapat dinyatakan secara padat dan penurunan kaidahnyapun menjadi lebih sederhana. Lemahnya penerapan konsep vektor dipandang sebagai salah satu penyebab sulitnya fisika untuk dipelajari dan dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi kekurangan tersebut pembelajaran vektor dipandang perlu untuk lebih dimaksimalkan. Vektor termasuk konsep abstrak yang unik, maka untuk mengoperasikannya diperlukan cara yang khusus. Karena memiliki sifat yang khas, penerapan konsep vektor dilakukan melalui eksperimen dengan metode inkuiri menggunakan media. Media yang digunakan dalam penerapan konsep vektor adalah Media Analisis Ruang (MAR). Media ini terdiri dari tiga jenis yatu MAR I, MAR II, dan MAR III. Penerapan konsep vektor dilakukan melalui eksperimen dengan tujuan, agar konsep yang dipelajari oleh siswa mudah dipahami, dimengerti, dan lama tersimpan dalam ingatan siswa. Aspek yang diamati dalam penerapan konsep vektor adalah motivasi, aktivitas dan hasil belajar. Penerapan konsep vektor telah dilakukan dengan menggunakan media MAR melalui eksperimen. Berdasarkan data uji statistik yang diperoleh dari hasil pembelajaran menunjukkan adanya pengaruh yang positif. Pembelajaran dengan menggunakan MAR dapat membuat motivasi siswa mengalami peningkatan sebesar 56 %, hasil belajar siswa di kelas eksperimen mencapai ketuntasan minimal, hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan siswa di kelas kontrol, motivasi dan aktivitas memiliki kontribusi 65,6 % terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri,Media Analisis Ruang, Pokok Bahasan Vektor.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2013 08:42
Last Modified: 21 May 2013 08:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16792

Actions (login required)

View Item View Item