Penerapan Model Sinektik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri I Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara


Ratna Hidayah , 2101405601 (2009) Penerapan Model Sinektik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri I Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Sinektik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri I Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara] PDF (Penerapan Model Sinektik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri I Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Menulis puisi seperti halnya jenis keterampilan yang lain, pemerolehannya harus melalui belajar dan berlatih. Untuk bisa menulis puisi yang baik diperlukan imajinasi dan penguasaan kosakata yang baik pula sehingga dapat dengan mudah menuangkan segala apa yang ada dalam pikiran dan perasaan ke dalam bentuk tulisan. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia, keterampilan menulis puisi siswa kelas X.4 SMA Negeri I Purwonegoro, Banjarnegara masih kurang. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi disebabkan faktor internal yang berasal dari siswa, dan faktor eksternal yang berasal dari model yang digunakan guru dalam mengajar. Penerapan model sinektik sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi didasarkan pada tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memberikan kebebasan pada guru untuk memilih metode, teknik, dan model yang akan digunakan pada pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X.4 SMA Negeri I Purwonegoro, Banjarnegara dan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan model sinektik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model sinektik dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan model sinektik. Manfaat penelitian ini adalah memberikan manfaat bagi pengembangan teori pembelajaran bahasa pada umumnya dan khususnya pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model sinektik. Bagi guru, penelitian ini dapat meningkatkan proses belajar mengajar keterampilan menulis puisi. Dan bagi siswa, mempermudah pembelajaran menulis puisi sehingga siswa senang, cinta dan berminat pada pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri I Purwonegoro, Banjarnegara. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model sinektik, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Keterampilan menulis puisi siswa pada siklus II meningkat sebesar 23,16% dari siklus I. Rata-rata skor kelas tes pada siklus I mencapai 60,2, sedangkan rata-rata skor kelas tes pada siklus II mencapai 74 dan sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan karena termasuk dalam kategori baik. Perubahan peilaku diperoleh dari hasil nontes yang berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Peningkatan pada siklus II sebesar 43,33% dari siklus I. Ratarata skor dari hasil observasi pada siklus I mencapai 60, sedangkan rata-rata skor pada siklus II mencapai 86. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku siswa berubah ke arah yang lebih positif. Hasil tersebut membuktikan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi sangat dipengaruhi oleh perilaku siswa. Peneliti menyarankan agar para guru lebih kreatif dan bersikap lebih terbuka sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satu alternatif pembelajaran dalam menulis puisi dengan menggunakan model sinektik Model tersebut sangat membantu siswa untuk lebih percaya diri dan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis puisi. Siswa agar lebih banyak berlatih menulis puisi. Setelah penelitian ini, peneliti berharap ada penelitian lanjutan dengan model yang berbeda sehingga dapat memperkaya alternatif pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, puisi, dan model sinektik
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Apr 2011 02:02
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item