Penyusunan Modul Berbahasa Inggris dengan Strategi Bioedutainment pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas X SMA.
Sari Narulita , 4401405501 (2009) Penyusunan Modul Berbahasa Inggris dengan Strategi Bioedutainment pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Penyusunan Modul Berbahasa Inggris dengan Strategi Bioedutainment pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas X SMA.)
- Published Version
Download (434kB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu upaya pemerintah meningkatkan mutu pendidikan tersebut adalah dengan mengadakan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Munculnya program RSBI tersebut juga perlu didukung dengan adanya fasilitas termasuk pengadaan bahan ajar yang sesuai. Penggunaan bahan ajar yang tepat memberikan kemudahan bagi siswa atau individu untuk mempelajarinya. Banyak jenis bahan ajar yang dapat digunakan salah satunya adalah bahan ajar modul. Bahan ajar berupa modul dipilih karena mempunyai banyak keunggulan. Penggunaan bahasa Inggris dalam modul dipilih untuk terlaksananya program RSBI. Strategi Bioedutainment diterapkan karena selain dapat menumbuhkan kesadaran serta membuka wawasan peserta didik sehingga dapat mengaitkan pengetahuan yang didapat dari proses pembelajaran dengan kehidupan nyata. Selain itu juga merupakan strategi pembelajaran biologi yang menghibur dan menyenangkan. Desain penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Uji coba penggunaan modul dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slawi. Data yang diambil dari uji ini adalah data hasil belajar siswa dan data tanggapan siswa dan guru terhadap modul. Data penilaian modul diambil menggunakan istrumen penilaian dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbahasa Inggris yang disusun dengan strategi bioedutainment efektif digunakan sebagai bahan ajar materi pencemaran lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian tim ahli terhadap modul didapatkan hasil sebesar 100% pada instrumen penilaian tahap I dan 89.56% pada instrumen tahap II sehingga termasuk dalam kualitas sangat memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 70.87% dengan ketuntasan belajar 74.19%. Hasil tanggapan siswa terhadap modul menunjukkan perolehan sebesar 87.74% pada kelas eksperimen. Hasil tanggapan guru terhadap modul menunjukkan perolehan sebesar 100% yang berarti guru menanggapi baik terhadap penyusunan modul. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa modul berbahasa Inggris yang disusun dengan strategi bioedutainment sesuai dengan standar bahan ajar BSNP dan efektif digunakan untuk siswa kelas X SMA RSBI.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul berbahasa Inggris, bioedutainment, pencemaran lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 01:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1675 |
Actions (login required)
View Item |